Halo semuanyaaa.. long time no post yaaa.. hahahahaha.. Well, tiga bulan ini Indonesia sedang ‘perang’ sama sebuah virus bernama Corona Virus Disease (COVID)-19 (representasi dari 2019, tahun pertama kali virus tersebut terdeteksi dan menginfeksi banyak manusia). Setelah sempat ‘selamat’ selama sekitar satu bulan, akhirnya Indonesia mengumumkan kasus pertamanya pada 2 Maret 2020. Jegerrrrr… Sejak hari itu, hingga hari tulisan ini di-post, Indonesia sudah mencatat 1.986 kasus positif COVID-19, 134 sembuh, dan 181 meninggal. Sejak hari itu pula, berbagai kebijakan terkait kehidupan sosial masyarakat mulai diberlakukan. Mulai dari pengurangan waktu bekerja, penerapan jarak fisik sosial (physical distancing), sosialisasi gaya hidup bersih dan sehat, mengurangi keluar rumah jika tidak terlalu penting (self quarantine, stay at home), hingga akhirnya sekolah diliburkan, kampus menjalani pendidikan jarak jauh, dan banyak kantor mengaplikasikan sistem bekerja dari rumah (work from home alias wfh). Tentu saja gw kebagian menjalani salah satu kebijakan di atas, yaitu work from home yang tentu saja diikuti dengan self quarantine serta stay at home. Tujuannya jelas, memutus mata rantai penyebaran virus rese ituuu.. Kalau dihitung, gw mulai work from home itu sejak 16 Maret 2020, tepat di hari ulang tahun Dian Sastrowardoyo (????) wakakakakakka…. Dan hari ini, memasuki hari ke-19 self quarantine mungkin ada beberapa orang yang mulai mati gaya yaa ?? (gw salah satunya hahaha.. tapi demi kemaslahatan umat se-Indonesia, kita kudu kuat gaes). Nah buat yang udah mulai bingung mau ngapain, gw mau rekomendasiin 10 buku yang menurut gw kece badai untuk disantap selama kita #stayathome…. Cuusss… 1. Nayla dari Djenar Maesa Ayu. Buku ini pertama kali terbit tahun 2005. Berkisah tentang hidup seorang perempuan bernama Nayla. Ia banyak mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan sejak kecil, mulai dengan ibunya, selingkuhan ibunya, hingga kekasihnya. A must read yaaaa..

Nayla – Djenar Maesa Ayu

  2. 5 cm dari Donny Dhirgantoro. Terbit pertama kali di tahun 2005, buku yang mengangkat tema tentang persahabatan ini bener-bener cocok buat kalian yang lagi kangen sama sahabat-sahabatnya karena lagi gak bisa ketemuan ❤️ 5 cm berkisah tentang persahabatan Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Bosan dengan kegiatan dan pertemuan yang mereka lakukan selama ini, kelimanya akhirnya sepakat untuk tidak saling berkomunikasi dan berjumpa selama tiga bulan. Setelah tiga bulan berlalu, kelimanya bertemu dan merayakan pertemuan tersebut dengan melakukan perjalanan pendakian ke Gunung Mahameru. Melalui perjalanan tersebut, mereka berbagi banyak kisah tentang harapan, cita-cita dan cinta selama tidak bertemu. Buku ini berhasil naik cetak hingga 30 kali dan dinobatkan sebagai “Mega Best Seller” dan diadaptasi ke dalam film layar lebar.

5cm – Donny Dhirgantoro

3. Buku seri tentang kisah petualangan Matara menjelajah Indonesia karya Okky Madasari. Oiya, ini kategorinya novel anak loh, jadi cocok buat ibu-ibu yang mau baca bareng sama anaknya. Seri petualangan Mata berkisah tentang cerita seorang anak bernama Matara yang mengikuti perpindahan orang tuanya ke beragam daerah di Indonesia. Tiap daerah yang disinggahi, memberikan pengalaman super unik bagi Matara. Melalui petualangan fantasi yang dialami Matara, Okky mengajak kita untuk ikut menjelajah Indonesia sekaligus memperkaya diri dengan deskripsi sejarah dan kisah daerahnya. Yuk kita baca bukunya dan ikut berpetualang sama Matara. Buku seri keempatnya segera terbit ?

Mata di Tanah Melus; Mata dan Rahasia Pulau Gapi; Mata dan Manusia Laut – Okky Madasari

4. Digital Dilemma karya dosen favorit kita semua (yang anak Komunikasi UI ayo tunjuk tangan ?), Mas Firman Kurniawan. Buku ini menyajikan 52 tulisan terkait perkembangan teknologi dan informasi serta dampaknya pada manusia.

Digital Dilemma – Firman Kurniawan

5. Xenoglosofilia karya uda Ivan Lanin. Buat temen-temen yang tertarik untuk memperkaya pengetahuan tentang bahasa Indonesia, buku ini pas banget. Udah ada yang tahu belum, apa arti dari xenoglosofilia? ?

Xenoglosofilia – Ivan Lanin

6. Orang-orang Biasa dari Andrea Hirata. Masih dengan isu yang sama yaitu pendidikan, Andrea Hirata mengupas kisah tentang perjuangan seorang ibu dan kawan-kawannya yang merencanakan perampokan untuk dapat menyekolahkan anaknya di fakultas kedokteran. Alkisah ada 10 orang kawan yang berteman sejak SD, Dinah, Debut, Handai, Salud, Sabri, Tohirin, Honorun, Rusip, Nihe, dan Junilah. Mereka merupakan anak bodoh dan diprediksi gagal dalam kehidupan. Namun siapa sangka beberapa tahun kemudian, Aini, anak Dinah, justru diterima di fakultas kedokteran. Sadar akan kehidupannya yang miskin, Dinah sempat putus asa untuk dapat menyekolahkan anaknya di fakultas kedokteran karena biayanya yang sangat mahal. Ia pun mencurahkan kegelisahannya pada kawan-kawannya. Siapa menduga, dari hasil curhat itu muncul sebuah ide gila (atau bodoh yaa.. hmmm..) untuk merampok. Kira-kira, berhasilkah 10 kawan yang sama-sama bodoh ini merampok?

Orang-orang Biasa – Andrea Hirata

7. Kisah cinta seorang laki-laki bernama Bong dalam 3 Cinta 1 Pria karya Arswendo Atmowiloto. Bong menjalin kisah asmara dengan 3 perempuan bernama Keka yang merupakan 1 generasi.. Eh gimana gimana? Ya, Bong, seorang lelaki yang tidak dideskripsikan sebagai lelaki yang tampan dan rupawan, namun bisa meluluhkan hati 3 perempuan bernama Keka, yang merupakan 1 generasi anak dan cucu. Bingung? Yuk baca yuk, bukunya bagus ??

3 Cinta 1 Pria – Arswendo Atmowiloto

8. Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro. Sesuai dengan tagline di sampul bukunya “4 wanita, 4 jalan hidup”, buku ini mengisahkan perjalanan hidup 4 wanita bernama Ranting, Gendhing, Tawangsri, dan Zhang Mey. Mereka menjalani garis hidupnya masing-masing dengan berbagai permasalahannya.

Garis Perempuan – Sanie B. Kuncoro

9. Teror Liburan Sekolah karya teh Risa Saraswati. Gw merupakan penggemar buku-buku teh Risa, lengkap koleksinya, hahahha ? Teror Liburan Sekolah bercerita tentang kisah petualangan Risa, Riri, Angga, Nicko, dan Kakang pertama kali diganggu oleh hantu. Tentu saja diawali dengan kegiatan usil mereka di sebuah sekolah kosong malam-malam.

Teror Liburan Sekolah – Risa Saraswati

10. Uwie (Ust.Wijayanto) & Mice. Mau dapat nasihat sekaligus terhibur? Yesss… gw adalah penggemar kartun Benny & Mice, tapi sekarang mereka sudah tak bersama hiks… Buku ini menyenangkan sekali karena kita gak hanya dapat hiburan tapi juga dapat nasihat dan pengetahuan yang disampaikan dengan sangat adem oleh ustad favorit gw, Ustad Wijayanto. Cus baca buku ini ?

Cerita Hati – Uwie & Mice

Okaaayy.. itulah 10 buku rekomendasi gw yang bisa dibaca selama #stayathome. Semoga pada suka yaaa… Melalui tulisan ini juga, gw pribadi mau memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih banyak kepada para tenaga kesehatan yang sampai hari ini masih berjuang untuk melawan virus terkutuk itu. Mari sama-sama berdoa agar mereka semua selalu diberi kekuatan dan kesehatan. Duka cita mendalam juga gw sampaikan kepada para tenaga kesehatan dan semua pasien COVID-19 yang sudah mendahului kita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan, dan kesabaran dalam menghadapi semuanya. Juga buat semua masyarakat yang gak punya pilihan untuk #stayathome, semoga Tuhan senantiasa berikan kalian kesehatan dan jangan lupa cuci tangan yaaa.. Dear pembaca, virus ini super jahat. Kita harus putus mata rantai penyebarannya. Siapa yang bertanggung jawab untuk memutus mata rantai tersebut? Ya kita. Please, #stayathome dan selamat membaca ?